Tautan-tautan Akses

Venezuela Luncurkan Program Vaksinasi COVID-19


Para pekerja usai menurunkan kiriman pertama vaksin COVID-19, Sputnik V, buatan Rusia di Bandara Internasional Caracas, Venezuale, 13 Februari 2021. (Foto: Reuters)

Venezuela memulai program imunisasi COVID-19 dengan memvaksinasi personel layanan kesehatan garis depan, Kamis (18/2). Program vaksinasi itu diluncurkan kurang dari sepekan setelah menerima kiriman gelombang pertama 100 ribu dosis vaksin Sputnik V buatan Rusia.

“Untungnya, kerja sama strategis antara Rusia dan Venezuela telah memungkinkan kita untuk memiliki akses ke salah satu vaksin terbaik di dunia, dengan tingkat keampuhan 91,6 persen,” kata Wakil Presiden Delcy Rodriguez.

Venezuela berpartisipasi dalam uji coba vaksin Sputnik V sebelum menandatangani kontrak pembelian dengan Rusia pada Desember lalu.

Negara di Amerika Selatan itu berharap akan mulai program vaksinasi untuk masyarakat umum pada April.

Menteri Kesehatan Carlos Alvarado mengatakan para petugas menargetkan akan memvaksinasi 70 persen populasi tahun ini untuk mencapai kekebalan kelompok.

Menurut Johns Hopkins University Coronavirus Resource Center, Venezuela sejauh ini telah mengonfirmasi lebih dari 134 ribu kasus COVID-19 dan 1.297 kematian. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG