Tautan-tautan Akses

Venezuela Ancam Hentikan Pasokan Minyak ke AS


Presiden Venezuela Hugo Chavez mengumumkan ancaman itu, kalau negaranya diserang oleh Kolombia, sekutu Amerika.

Presiden Venezuela Hugo Chavez mengancam akan memutuskan pasokan minyak ke Amerika kalau negaranya diserang oleh Kolombia, sekutu Amerika.

Chavez mengatakan kepada ribuan pendukungnya hari Minggu, kalau Kolombia melancarkan agresi bersenjata dan dibantu oleh Amerika, maka Venezuela akan menghentikan pengiriman minyak ke Amerika. Amerika adalah pengimpor minyak terbesar dari negeri itu.

Chavez mengatakan ia juga membatalkan kunjungannya ke Kuba karena meningkatnya ketegangan dengan Kolombia. Chavez minggu lalu memutuskan hubungan diplomatik dengan Kolombia karena Kolombia menuduh Venezuela memberi tempat bagi pemberontak Kolombia, dan memerintahkan pasukannya supaya siaga tinggi di perbatasan.

Tindakan Chavez itu diadakan setelah Kolombia menyerahkan foto-foto dan peta serta video kepada dewan tetap organisasi negara-negara Amerika, atau OAS, yang menunjukkan adanya 1.500 pemberontak Kolombia yang bersembunyi di Venezuela.

Kolombia minta diadakannya sidang OAS itu setelah menuduh bahwa tokoh-tokoh pemberontak Kolombia yang disebut FARC dan laskar nasional pembebasan atau ELN, berpangkalan di Venezuela.

XS
SM
MD
LG