Tautan-tautan Akses

Utusan Uni Eropa untuk Perundingan Nuklir Iran Ditahan di Bandara Jerman


Wakil Menteri Luar Negeri Iran Ali Bagheri Kani, kepala negosiator nuklir negara itu, berbicara dengan Enrique Mora, koordinator pembicaraan nuklir Iran Uni Eropa, di Teheran, Iran, 11 Mei 2022. (Foto: via Reuters)

Perwakilan utama Uni Eropa pada pembicaraan nuklir dengan Iran mengatakan ia sempat ditahan sebentar bersama rekan-rekannya di Bandara Frankfurt karena dianggap melanggar aturan diplomatik.

Enrique Mora dari Spanyol, yang telah lama memimpin delegasi Uni Eropa pada pembicaraan di Wina, mengatakan insiden itu terjadi Jumat pagi (13/5) ketika ia akan melakukan penerbangan lanjutan dari Teheran ke Brussels.

Di Twitter, Mora menulis, ia tidak menerima penjelasan apapun dari otoritas Jerman mengapa ia ditahan. “Seorang pejabat Uni Eropa dalam misi resmi memegang paspor diplomatik Spanyol. Saya mengeluarkan paspor dan ponsel saya,'' katanya.

Mora mengatakan Duta Besar Uni Eropa untuk PBB di Wina dan kepala satuan tugas Uni Eropa untuk Iran juga ditahan.

''Kami ditahan secara terpisah,'' tulisnya. “Ada penolakan untuk memberikan penjelasan apa pun atas apa yang tampaknya merupakan pelanggaran terhadap Konvensi Wina.''

Baik kepolisian Jerman maupun Kementerian Luar Negeri Jerman tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Associated Press terkait insiden tersebut. [ab/lt]

Lihat komentar (1)

Recommended

XS
SM
MD
LG