Tautan-tautan Akses

Utusan Senior AS Kembali ke Korsel setelah Kunjungi Pyongyang


Utusan Khusus Amerika untuk Korea Utara, Stephen Biegun, di bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, 3 Februari 2019. (Foto: dok).

Utusan Amerika untuk urusan Korea Utara, Stephen Biegun telah melakukan tiga hari pembicaraan di Pyongyang mempersiapkan pertemuan Presiden Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tanggal 27 dan 28 bulan ini.

Media Korea Selatan menyatakan Utusan Khusus Amerika untuk Korea Utara, Stephen Biegun, telah kembali ke Korea Selatan setelah kunjungan tiga hari ke Pyongyang.

Biegun terbang ke ibukota Korea Utara, Pyongyang, Rabu (6/2), untuk menyusun rincian mengenai pertemuan puncak kedua Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Di Pyongyang Biegun bertemu Kim Hyok Chol membahas cara memajukan komitmen Presiden Trump dan Kim Jong Un dalam KTT di Singapura tentang denuklirisasi penuh, transformasi hubungan Amerika-Korea Utara dan membangun perdamaian abadi di semenanjung Korea, kata sebuah pernyataan Departemen Luar Negeri Amerika.

Trump mengatakan pertemuan puncak itu akan berlangsung di Vietnam pada 27 hingga 28 Februari.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap menyatakan pesawat yang membawa Biegun mendarat di sebuah pangkalan udara Amerika di dekat ibukota Korea Selatan, Seoul, pada hari Jumat (8/2). Pemerintah Korea Selatan tidak segera mengukuhkan laporan tersebut.

Biegun diperkirakan akan memberi penjelasan kepada para pejabat Korea Selatan mengenai kunjungannya ke Korea Utara pada akhir pekan ini. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG