Tautan-tautan Akses

Utusan China ke AS, Persiapkan Pembicaraan Perdagangan


Anggota delegasi China saat berada di Washington DC, 23 Agustus 2018. (Foto: dok).

China menyatakan seorang pejabat pemerintah akan bertolak ke Amerika Serikat pekan ini untuk meletakkan landasan bagi dimulainya pembicaraan perdagangan tingkat tinggi bulan depan.

Kantor berita pemerintah Xinhua menyebutkan Deputi Menteri Keuangan Liao Min akan tiba di Washington hari Rabu (18/9) untuk berbicara dengan sejawatnya dari pemerintahan Trump untuk “memuluskan jalan” bagi perundingan di tingkat pejabat senior. Perundingan tersebut akan berlangsung di ibukota Amerika.

Keputusan untuk mengadakan pembicaraan putaran baru itu diambil awal bulan ini dalam percakapan telepon antara perunding perdagangan utama Beijing, Wakil Perdana Menteri China Liu He, Kepala Perwakilan Dagang Amerika Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Kedua pihak terakhir kali mengadakan pembicaraan penting pada Juli lalu tetapi tidak ada terobosan besar dalam sengketa perdagangan antara kedua ekonomi terbesar dunia ini. Washington dan Beijing telah terlibat dalam perang tarif selama lebih dari setahun, dipicu oleh tuntutan awal Presiden Amerika Donald Trump bagi perubahan dalam perdagangan, subsidi dan praktik-praktik terkait kekayaan intelektual China. China menyatakan kebijakan perdagangan Amerika bertujuan untuk melemahkan daya saingnya.

Situasi inti menimbulkan ketidakpastian di pasar keuangan dan membuat banyak perusahaan berjuang keras menghadapi dampak perang tarif itu.

Presiden Trump pekan lalu mengumumkan ia akan menangguhkan pemberlakuan tarif putaran baru terhadap produk-produk China senilai 250 miliar dolar dari 1 Oktober menjadi 15 Oktober sebagai “iktikad baik.” China menindaklanjutinya dengan mencabut tarif terhadap kedelai, daging babi dan beberapa produk pertanian lain Amerika.

Menteri Keuangan Mnuchin pekan lalu menyatakan ia optimistis suatu kesepakatan dapat dicapai untuk menyelesaikan sengketa perdagangan pada pembicaraan mendatang. Tetapi ia juga memperingatkan bahwa Trump bersikap siap untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan tarif terhadap produk impor dari China. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG