Tautan-tautan Akses

Utusan AS Luncurkan Upaya Baru Pembicaraan Afghanistan-Taliban


Utusan Amerika untuk Perdamaian di Afghanistan, Zalmay Khalilzad, saat acara debat di Tolo TV channel, Kabul, Afghanistan, 28 April 2019. (Foto: dok).

Upaya baru sedang dilakukan untuk memulai pembicaraan damai yang macet dengan Taliban sementara utusan Amerika berada di Kabul dan para pejabat Pakistan dan Afghanistan bertemu di Islamabad.

Utusan Amerika Zalmay Khalilzad mengatakan dia mengadakan pertemuan dengan para pejabat di Kabul pada hari Senin, dan mengusahakan dimulainya putaran baru pembicaraan antar warga Afghanistan, yang digambarkannya sebagai hal penting untuk menyelesaikan perang yang telah berlangsung selama hampir 18 tahun di negara itu.

Taliban melakukan serangan hampir setiap hari, menimbulkan banyak korban pada pasukan Afghanistan, dan kini menguasai sekitar setengah wilayah Afghanistan. Washington, sementara itu, telah meningkatkan upaya untuk mencari penyelesaian damai untuk konflik itu dan telah mendesak adgar dilakukan pembicaraan langsung antara Taliban dan Kabul.

Sementara itu, para pejabat Afghanistan dan Pakistan dari sebuah kelompok yang diberi tugas mencari cara untuk bekerja sama dalam bidang diplomatik, militer, dan berbagi informasi intelijen kini bertemu di Islamabad. [lt]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG