Tautan-tautan Akses

Utusan AS: Komunitas Internasional Tetap Bersatu untuk Hak Perempuan di Afghanistan


Utusan Khusus AS Rina Amiri berbicara dalam acara Penghargaan International Women of Courage (IWOC) di Departemen Luar Negeri AS di Washington, pada 14 Maret 2022. (Foto: Leah Millis, Pool via AP)
Utusan Khusus AS Rina Amiri berbicara dalam acara Penghargaan International Women of Courage (IWOC) di Departemen Luar Negeri AS di Washington, pada 14 Maret 2022. (Foto: Leah Millis, Pool via AP)

Utusan Khusus Amerika Serikat untuk Perempuan Afghanistan, Anak Perempuan dan Hak Asasi Manusia mengatakan komunitas internasional terus bersatu untuk memenuhi kebutuhan hak-hak perempuan Afghanistan.

Dalam sebuah wawancara dengan VOA pada Senin (6/3) malam, Rina Amiri mengatakan bahwa masyarakat internasional telah “menjelaskan kepada Taliban bahwa ... jika mereka tidak memulihkan hak-hak perempuan dan anak perempuan, ... tidak akan ada kemajuan dalam hal normalisasi lebih lanjut pada sejumlah hal yang ingin dicapai oleh Taliban.”

Amiri, seorang diplomat berpengalaman yang bertugas di berbagai jabatan di PBB juga menjabat sebagai penasihat untuk Perwakilan Khusus AS untuk Afghanistan dan Pakistan, Richard Holbrooke, di bawah pemerintahan Obama.

Amiri berbicara kepada VOA melalui Skype. Sewaktu ditanya mengenai rencana AS dan komunitas internasional untuk memaksa Taliban mengubah kebijakan mereka terhadap pendidikan anak perempuan, Amiri mengatakan AS dan komunitas internasional telah memberi penjelasan kepada Taliban.

Ia mengatakan jika mereka tidak mengambil jalan yang benar dalam hal menghormati hak-hak penduduk Afghanistan, jika mereka tidak memulihkan hak-hak perempuan dan anak perempuan, khususnya hak atas pendidikan dan pekerjaan, tidak akan ada kemajuan dalam hal normalisasi lebih lanjut tentang masalah apa pun yang ingin dicapai oleh Taliban.

Amari menambahkan, meskipun telah menyampaikan hal itu kepada Taliban, namun mereka terus memprioritaskan politik internalnya di atas nasib penduduk Afghanistan. Dan itu adalah salah satu faktor yang sangat penting yang menghambat kemajuan situasi perempuan dan anak perempuan. [my/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG