Tautan-tautan Akses

Utusan AS ke Korut Yakin Denuklirisasi akan Tercapai


Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha (kanan) berbincang dengan perwakilan khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegun, di Kementerian Luar Negeri di Seoul, Korea Selatan, Senin, 29 Oktober 2018.

Utusan khusus Amerika Serikat untuk Korea Utara telah menyatakan keyakinannya untuk mencapai perlucutan senjata nuklir negara komunis itu.

Stephen Biegun bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha di Seoul pada hari Senin untuk membahas kemajuan dalam pembicaraan antara Pyongyang dan Washington.

Menyusul pertemuan dengan rekannya dari Korea Selatan Lee Do-hoon, Stephen Biegun mengatakan bahwa Amerika dan Korea Selatan memiliki tujuan bersama untuk mengakhiri tujuh dekade permusuhan di Semenanjung Korea.

Perwakilan Khusus Korea Selatan untuk Perdamaian dan Keamanan Semenanjung Korea Lee Do-hoon mengatakan bahwa proses denuklirisasi telah mencapai tahap penting dan semua pihak terkait perlu bertemu sesering mungkin.

Sejak pertemuan puncak Trump-Kim pada bulan Juni di Singapura, Korea Utara telah mengambil beberapa langkah, yaitu menghentikan uji coba nuklir dan rudal dan membongkar fasilitas uji coba nuklirnya.

Awal bulan ini, Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo melakukan perjalanan keempatnya ke Korea Utara dan mengadakan pertemuan di Jepang dan Korea Selatan untuk mengatur pertemuan puncak kedua antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Trump kemungkinan akan mengadakan pertemuan kedua dengan Kim pada awal tahun depan, menurut pada pejabat Amerika. [lt]

XS
SM
MD
LG