Tautan-tautan Akses

AS

Utusan AS Bertemu Diplomat Tinggi China di Tengah Memanasnya Tensi Kedua Negara


Penasihat keamanan pemerintah AS Jake Sullivan berbicara kepada awak media dalam konferensi pers di Gedung Putih, di Washington, pada 23 Agustus 2021. Sullivan akan bertemu dengan diplomat tinggi China di Swiss pada minggu ini. (Foto: AP/Susan Walsh)

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan akan bertemu dengan diplomat tinggi China di Swiss pada minggu ini, demikian disampaikan oleh Gedung Putih pada Selasa (5/10).

Pertemuan Sullivan dengan Yang Jiechi pada hari Rabu (6/10) di Zurich berlangsung di tengah-tengah ketegangan yang meningkat di antara kedua negara adidaya itu. Isu seputar perdagangan, kedaulatan Taiwan, serta berbagai isu lainnya telah meningkatkan tensi antar kedua negara.

Pertemuan itu ditujukan untuk memenuhi janji kedua negara yang dibuat sebelumnya untuk memperbaiki komunikasi yang terjalin.

“Mereka akan menindaklanjuti hasil pembicaraan Presiden Biden dan Presiden Xi Jinping pada 9 September lalu, sementara kami meneruskan usaha untuk secara bertanggung jawab mengelola persaingan di antara AS dan Republik Rakyat China,” demikian kata Gedung Putih dalam pernyataannya.

Pertemuan ini merupakan pertemuan Sullivan yang pertama dengan Yang sejak keduanya saling menyampaikan kecaman dalam pertemuan sebelumnya di Alaska pada Maret lalu.

Sebelumnya, tidak ada komunikasi yang terjalin antara pemimpin kedua negara tersebut selama tujuh bulan terakhir hingga akhirnya Biden berbicara dengan Xi awal September lalu. Dalam percakapan telepon itu, kedua presiden membahas betapa pentingnya untuk tidak memberi peluang pada persaingan di antara kedua negara meningkat menjadi konflik. (jm/em)

XS
SM
MD
LG