Tautan-tautan Akses

Utusan Khusus Amerika laporkan 'Kemajuan Penting' dalam Perdamaian Timur Tengah


Jason Greenblatt (tengah, utusan Presiden AS Donald Trump untuk Timur Tengah, tiba untuk berkunjung ke Kibbutz Nahal Oz, sedikit di luar Jalur Gaza, di selatan Israel, 30 Agustus 2017 (foto: REUTERS/Amir Cohen)

Utusan khusus Amerika mengenai Timur Tengah, Jason Greenblatt hari Minggu berada di Israel sebagai bagian dari upaya pemerintahan Trump menghidupkan kembali perundingan damai Israel-Palestina.

Greenblatt memasang pesan tweet bahwa "kemajuan penting" telah dibuat.

"Langkah-langkah maju yang berarti mengenai isu-isu penting ekonomi- pendapatan, bea cukai, dan investasi - yang membantu mendukung upaya pencarian perdamaian," katanya.

Menantu Trump, Jared Kushner juga ikut melakukan pembicaraan di Ramallah itu yang melibatkan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah, Menteri Keuangan Israel Moshe Khaon, dan pejabat senior kementerian pertahanan Israel, Yoav Mordechai.

Seorang pejabat Gedung Putih hari Senin mengatakan Presiden Trump yakin bahwa perdamaian hanya dapat dicapai melalui pembicaraan langsung antara Israel dan Palestina dan bahwa tidak ada penyelesaian damai yang bisa dipaksakan pada mereka.

Pejabat tersebut juga mengatakan bahwa Greenblatt dan Kushner singgah di Arab Saudi dalam perjalanan ke Israel, namun tidak memberikan rincian.

Proses perdamaian Timur Tengah macet selama beberapa tahun, terutama karena kegiatan permukiman Israel dan kekerasan militan Palestina terhadap orang-orang Israel. [my]

XS
SM
MD
LG