Tautan-tautan Akses

AS

Utang Mahasiswa Tertinggi di AS Setelah Utang Pembelian Rumah


Di Amerika, jutaan mahasiswa memiliki utang biaya kuliah sekitar 75 ribu hingga 200 ribu dolar, khususnya yang belajar pada tingkat pasca sarjana. (Foto: ilustrasi).

Biaya pendidikan tinggi di Amerika tidak murah. Menurut majalah ekonomi Forbes, tahun ini seluruh utang yang ditumpuk oleh 44 juta mahasiswa perguruan tinggi mencapai 1,5 trilyun dolar atau satu koma lima dengan 12 nol di belakangnya.

Kalau diambil pukul rata, seorang lulusan perguruan tinggi di Amerika punya utang 37 ribu dolar lebih. California, Texas, Florida dan negara bagian New York punya populasi mahasiswa dan mantan mahasiswa yang punya utang terbesar di seluruh Amerika.

Kalau untung, dan bisa memenuhi persyaratan akademis yang tinggi, anda bisa mendapat bantuan beasiswa untuk meringankan biaya kuliah. Kalau tidak, harus cari pinjaman dari bank atau minta bantuan orang tua.

Di Amerika ada jutaan mahasiswa yang punya utang antara 75 ribu dan 200 ribu dolar, khususnya yang belajar pada tingkat pasca sarjana.

Menurut majalah US News and World Report, memang ada perguruan tinggi dan universitas yang dianggap murah biayanya, seperti Berea College di negara bagian Kentucky yang hanya memungut beaya 870 dolar per tahun ditambah biaya asrama dan uang makan. Dalam kategori “murah” ini terdapat sejumlah universitas yang memungut beaya sampai 12,400 dolar ditambah sewa asrama dan uang makan per tahun.

Timbul pertanyaan mengapa banyak mahasiswa sampai berutang untuk membayar uang kuliah yang mahal? Jawabnya adalah, setelah tamat mereka bisa mengharapkan gaji permulaan yang tinggi pula.

Laporan majalah Business Insider mengatakan, lulusan Massachusetts Institute of Technology di Cambridge, misalnya, bisa mengharapkan gaji permulaan 70.300 dolar per tahun. Ini dibandingkan dengan penghasilan rata-rata golongan menengah Amerika yang hanya mencapai 24 ribu dolar.

Massachusetts Institute of Technology atau lebih dikenal dengan nama MIT kini adalah universitas paling atas di Amerika, disusul Stanford University di California, kemudian Harvard University dekat kota Boston, juga di Massachusetts.

Nomor empat, menurut Business Insider adalah Princeton University di negara bagian New Jersey, kemudian California Institute of Technology, disusul universitas Yale di Connecticut dan Duke University di negara bagian North Carolina.

Kalau anda lulus dari Duke University tahun ini, dengan gelar Master, Anda bisa mengharapkan dapat gaji permulaan sekitar 60 ribu per tahun. [ii]

XS
SM
MD
LG