Tautan-tautan Akses

Uskup Agung Australia Divonis Bersalah Tutupi Kasus Pelecehan Seks


Uskup Agung Philip Wilson tiba di Pengadilan Lokal di Newcastle, Australia, 22 Mei 2018.

Uskup Agung Katolik Roma di Australia, Philip Wilson mundur untuk sementara dari jabatannya setelah dinyatakan bersalah oleh pengadilan telah menutup-nutupi pelecehan seksual yang dilakukan seorang rekan pendetanya.

Wilson, yang berusia 67 tahun, Selasa (22/5), divonis bersalah di pengadilan Newcastle karena tidak melaporkan pelecehan seksual yang dilakukan pastor James Fletcher pada 1970-an terhadap dua putera altar. Padahal menurut pengadilan, Wilson telah diberitahu salah satu korban sewaktu masih menjabat asisten pastor. Fletcher sendiri dinyatakan bersalah pada 2004 atas sembilan dakwaan pelecehan seksual dan meninggal dua tahun kemudian.

Wilson mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan, ia melepaskan sementara jabatannya agar bisa berkonsultasi dengan tim pengacaranya mengenai vonis pengadilan itu. Ia mengatakan, seandainya perlu atau pantas baginya untuk mengambil langkah-langkah lebih resmi, termasuk mengundurkan diri, ia akan melakukannya.

Wilson, yang menderita Alzheimer, akan dijatuhi hukuman bulan depan. Ia menghadapi kemungkinan hukuman dua tahun penjara. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG