Tautan-tautan Akses

USAID Klaim Benih Gandum yang Dikirim ke Suriah Berstandar Tinggi


Truk bantuan gandum dari USAID dari Irak to Suriah, 19 November 2021.

Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) mengatakan benih gandum yang baru-baru ini diberikan kepada para petani di Suriah timur laut memenuhi “standar keamanan dan kualitas yang tinggi.”

Pengumuman itu muncul setelah adanya klaim oleh pemerintah Suriah bahwa benih yang disumbangkan oleh badan AS itu “tidak cocok untuk ditanam.”

Pekan lalu, USAID menyumbangkan 3.000 ton benih gandum ke Suriah timur laut untuk membantu mengatasi kekurangan gandum di wilayah yang dilanda kekeringan itu.

Namun, pemerintah Suriah mengklaim pada Selasa (23/11) bahwa analisis sampel benih yang disediakan AS itu menemukan benih tersebut tidak cocok untuk ditanam.

“Benih mengandung tingkat nematoda (cacing parasit tanaman) yang tinggi, yang mencapai 40 persen, dan ini menimbulkan bahaya besar bagi pertanian di wilayah tersebut, terutama karena efeknya menyebabkan kerusakan besar yang diperparah dengan berlalunya waktu,” kata Said Hajji, kepala direktorat pertanian pemerintah di provinsi Hasaka, seperti dikutip kantor berita pemerintah Suriah, SANA.

Pejabat pemerintah Suriah memperingatkan petani lokal di Suriah timur laut agar tidak menggunakan benih pemberian AS tersebut dan mendesak petani untuk memusnahkannya.

Seorang juru bicara USAID mengatakan kepada VOA dalam sebuah pernyataan bahwa benih gandum yang dikirim ke Suriah telah melalui proses pembersihan dan pengujian untuk keamanan dan kualitas sebelum disumbangkan.

Sebagian petani lokal mengatakan kepada jaringan berita Kurdi, Rudaw, bahwa mereka telah menerima benih gandum dari mitra-mitra USAID dan telah menanamnya di lahan pertanian mereka. [lt/ka]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG