Tautan-tautan Akses

AS

Upaya California Membuat Kurva Corona Melandai


Para pengunjung di Pantai Huntington, California, di tengah pandemi virus corona, 30 April 2020.

Setelah akhir pekan lalu pantai-pantai di California ramai dikunjungi orang, Gubernur California Gavin Newsom memerintahkan semua pantai dan taman nasional negara bagian itu ditutup pada Jumat (1/5). Tindakan ini dilakukan agar tidak ada kerumunan orang dalam jumlah besar.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), California saat ini adalah salah satu dari lima negara bagian di AS dengan jumlah kasus virus corona yang terbesar, yaitu sedikitnya 46.500 orang terjangkit dan 1.887 kematian.

Departmen kesehatan negara bagian itu menggolongkan bahwa penularan virus telah menyebar ke masyarakat luas.

Harian Los Angeles Times menulis, kasus virus corona California diperkirakan berlipat ganda setiap 21,7 hari, meskipun negara bagian itu telah menutup sebagian besar taman, pantai, dan jalan-jalan setapak sebelum perintah terbaru dari Gubernur Newsom.

San Francisco adalah salah satu kota pertama di negara bagian itu yang memberlakukan aturan tinggal di rumah, tetapi pada Rabu (29/4), wilayah Teluk San Francisco mengizinkan pembangunan, penataan taman, dan berbagai bisnis di luar rumah kembali dibuka asalkan panduan jaga jarak sosial dipatuhi. [ps/ft]

XS
SM
MD
LG