Tautan-tautan Akses

Upacara Penghargaan Oscar akan Disiarkan dari Berbagai Lokasi


Para fotografer dan awa TV bersiap di karpet merah beberapa jam sebelum acara penghargaan Oscar dimulai di Hollywood, 4 Maret 2018.
Para fotografer dan awa TV bersiap di karpet merah beberapa jam sebelum acara penghargaan Oscar dimulai di Hollywood, 4 Maret 2018.

Panitia Oscar 2021, Rabu (10/2), mengatakan upacara Oscar, yang ditangguhkan hingga 25 April karena pandemi virus corona yang mengguncang seluruh industri film, akan disiarkan secara langsung dari “berbagai lokasi,” termasuk Hollywood.

Meskipun pembatasan sosial terkait pandemi virus corona masih diberlakukan di Los Angeles, “Academy bertekad menyajikan upacara Oscar yang tiada duanya, meskipun tetap mematuhi pedoman kesehatan publik pada seluruh partisipan,” ujar juru bicara Academy of Cinema Arts and Sciences, yang menyajikan patung emas bergengsi itu.

“Untuk menciptakan pertunjukkan langsung kepada penonton di seluruh dunia dengan tetap beradaptasi pada kendala akibat pandemi, upacara itu akan disiarkan secara langsung dari berbagai lokasi, termasuk dari Dolby Theatre di jantung Hollywood yang biasanya menjadi lokasi penyelenggaraan Oscar,” menurut pernyataan yang dikirim ke kantor berita AFP.

Panitia Oscar tidak merinci lebih jauh tentang upacara itu atau lokasi-lokasi di mana upacara Oscar ke 93 itu akan dilangsungkan. Anugerah Oscar ini merupakan puncak musim penghargaan film yang dirundung krisis kesehatan, penutupan bioskop, dan penundaan banyak produksi berskala besar.

Namun demikian bukan pertama kalinya upacara Oscar dilangsung secara simultan dari beberapa lokasi. Pada 1950 upacara disiarkan langsung dari Los Angeles dan New York.

Formula yang sama juga yang dipilih panitia penyelenggara Golden Globes, yang akan dilangsungkan pada 28 Februari nanti.

Meskipun dari tahun ke tahun jumlah penonton acara ini sedikit turun, jumlah penonton tahun lalu adalah yang terendah, yaitu 23,6 juta orang. Anugerah Oscar biasanya menjadi acara yang paling banyak ditonton orang, dan hanya disaingi oleh laga final turnamen liga sepak bola Amerika, “Superbowl.”

Anugerah Oscar tahun ini dipercayakan pada sutradara visioner “Contagion” Steven Soderbergh, yang diyakini akan menjadikan pandemi ini sebagai kesempatan untuk “melakukan inovasi dan menata ulang” upacara itu. [em/lt]

XS
SM
MD
LG