Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Tangguhkan Bea Masuk Semua Produk Ukraina


Ukraina adalah salah satu eksporter gandum utama dunia (foto: ilustrasi).
Ukraina adalah salah satu eksporter gandum utama dunia (foto: ilustrasi).

Para Menteri Uni Eropa (UE) hari Selasa (24/5) setuju untuk menangguhkan bea masuk pada semua produk dari Ukraina dalam upaya membantu perekonomian negara itu yang harus membela diri dari serangan militer Rusia.

Wakil Presiden Eksekutif UE, Valdis Dombrovskis mengatakan, penangguhan itu adalah tindakan sementara yang "akan memudahkan Ukraina untuk melanjutkan perdagangan dalam menghadapi agresi Rusia dan memberi dukungan keseluruhan bagi ekonomi Ukraina."

Wakil Presiden Eksekutif Uni Eropa, Valdis Dombrovskis
Wakil Presiden Eksekutif Uni Eropa, Valdis Dombrovskis

Perdagangan bilateral antara UE dan Ukraina, negara pengekspor pertanian yang besar, mencapai 52 miliar euro ($56 miliar) dari perdagangan tahun lalu, menurut eksekutif UE.

Angka itu meningkat dua kali lipat sejak 2016, tetapi sejak perang pada akhir Februari, produksi dan industri pertanian Ukraina terpukul keras, karena akses negara itu ke laut diblok oleh angkatan laut Rusia.

Rusia Menghadapi Dampak Ekonomi Perang Ukraina
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:20 0:00

Dana Moneter Internasional memperingatkan, serangan Moskow akan menyebabkan ekonomi Ukraina runtuh sebesar 35 persen tahun ini.

Peraturan tersebut telah disetujui oleh Parlemen Eropa, dan akan mulai berlaku sehari setelah diterbitkan di Jurnal Resmi Uni Eropa, kata sebuah pernyataan. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG