Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Perpanjang Sanksi Terhadap Rusia


Kanselir Jerman Angela Merkel berbicara kepada media saat tiba untuk menghadiri KTT Uni Eropa di Brussels, Kamis (15/12). (AP/Virginia Mayo)
Kanselir Jerman Angela Merkel berbicara kepada media saat tiba untuk menghadiri KTT Uni Eropa di Brussels, Kamis (15/12). (AP/Virginia Mayo)

Keputusan perpanjangan sanksi itu diambil karena kegagalan Rusia mematuhi persetujuan Minsk mengenai Ukraina.

Para pejabat Uni Eropa dalam konferensi tingkat tinggi di Brussels hari Kamis (15/12) sepakat untuk memperpanjang sanksi terhadap Rusia untuk enam bulan lagi.

Pertemuan satu hari itu berlangsung sampai Kamis malam, membahas tahun yang bergolak bagi kelompok 28 negara itu mengenai berbagai masalah yang menyangkut integritas dan masa depan organisasi.

Keputusan untuk memperpanjang sanksi terhadap Rusia itu tak mengherankan. Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande pekan ini mengatakan akan mendukung perpanjangan sanksi itu karena kegagalan Rusia mematuhi persetujuan Minsk mengenai Ukraina.

Keputusan perpanjangan sanksi itu, akan diumumkan secara resmi dalam beberapa hari mendatang, meskipun ada tekanan besar dari para investor dan kalangan yang berkepentingan di Eropa, termasuk di dalam Jerman sendiri, agar sanksi itu dihentikan.

Para analis mengatakan kurangnya momentum untuk melanjutkan sanksi guna menghukum Rusia itu didorong oleh Presiden AS terpilih Donald Trump yang menyatakan bersedia untuk bekerjasama lebih erat dengan Rusia guna memecahkan konflik-konflik dan melawan teror. [sp/isa]

‚Äč
XS
SM
MD
LG