Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Kecam Bentrokan di Ukraina Timur


Pasukan pemberontak pro-Rusia di Donetsk, Ukraina timur (foto: dok).

Uni Eropa mengecam bentrokan terakhir di Ukraina timur sebagai “pelanggaran terang-terangan” terhadap gencatan senjata yang disepakati di Minsk, Belarusia.

Uni Eropa hari Selasa (31/1) mengecam bentrokan baru-baru ini di Ukraina timur antara pemberontak pro-Rusia dan pasukan pemerintah, dan menyebut bentrokan itu “pelanggaran terang-terangan” terhadap gencatan senjata Minsk.

“Pertempuran intensif di sekitar Avdiivka dalam beberapa hari belakangan, yang melibatkan tembakan dengan senjata terlarang dan mengarah ke sejumlah besar korban, merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap gencatan senjata, seperti yang ditetapkan oleh perjanjian Minsk,” kata Uni Eropa dalam sebuah pernyataan.

Pemberontak dan pasukan pemerintah mulai Bentrok tiga hari yang lalu di sekitar kota Avdiivka. Konfrontasi itu meningkat Senin malam sampai Selasa pagi dengan tembakan senjata berat terparah yang pernah terjadi dalam beberapa bulan ini

Kedua pihak mengatakan sedikitnya delapan orang tewas dalam konflik itu.

Penembakan Senin malam merusak sebuah gardu listrik di Donetsk, menghentikan beroperasinya lift di tambang batubara Zasyadko dan menjebak sementara lebih dari 200 pekerja tambang bawah tanah. Para penambang dibebaskan beberapa jam kemudian ketika pihak berwenang setempat berhasil mengalirkan listrik ke lift dengan generator cadangan.

Konflik baru itu telah memotong aliran air untuk sebagian besar Avdiivka dan kota itu dibiarkan tanpa pemanas di tengah-tengah musim dingin. Pihak berwenang di Donetsk dilaporkan sedang merencanakan evakuasi bagi 12.000 warga dari Avdiivka. [lt]

XS
SM
MD
LG