Tautan-tautan Akses

Ukraina Sambut Baik Bantuan AS


Para pendukung pro-Ukraina mengibarkan bendera Ukraina dan bendera AS di luar Gedung Kongres AS di Washington, AS, 20 April 2024. (Foto: REUTERS/Ken Cedeno)
Para pendukung pro-Ukraina mengibarkan bendera Ukraina dan bendera AS di luar Gedung Kongres AS di Washington, AS, 20 April 2024. (Foto: REUTERS/Ken Cedeno)

Berita mengenai persetujuan AS atas paket bantuan senilai $61 miliar (Rp 990 triliun) untuk Ukraina meningkatkan optimisme di negara tersebut dalam menghadapi kemungkinan serangan Rusia pada musim panas ini.

Persetujuan paket bantuan Amerika senilai $61 miliar ke Ukraina membawa harapan bagi masyarakat Kyiv selagi mereka bersiap menghadapi serangan Rusia yang diperkirakan terjadi dalam beberapa minggu mendatang.

Sebelumnya banyak orang di Kyiv khawatir AS akan meninggalkan mereka.

Warga Kyiv, Artem, mengatakan dia sangat senang bahwa masalah ini akhirnya diselesaikan. “Akhirnya, akan ada bantuan untuk Ukraina dari AS. Ini membawa kegembiraan,” katanya, sambil menambahkan, “Saya kira setiap orang Ukraina akan mengatakan kepada Anda bahwa ini adalah masalah yang sangat kritis.”

Warga Kyiv lainnya, Vasyl, mengatakan akan ada lebih banyak bantuan, dan lebih banyak peralatan. Ukraina akan menang lebih cepat. “Perdamaian akan terwujud lebih cepat, tanpa perang, tanpa kekalahan, tanpa kesedihan,” tambahnya.

Masyarakat mengatakan mereka berterima kasih kepada rakyat Amerika setelah ketegangan selama berminggu-minggu yang diperburuk oleh penundaan penyaluran bantuan.

“Tentu saja ada emosi positif. Kami telah menunggu ini sejak lama. Tentu saja, kami berterima kasih kepada Amerika karena telah menyediakan senjata bagi kami. Saya berharap bantuan ini dapat sampai ke tentara kami di garis depan secepat mungkin," kata penduduk Kyiv, Maryna.

Setelah paket bantuan tersebut berhasil lolos dari hambatan pertama di Dewan Perwakilan Rakyat AS, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengucapkan terima kasih kepada Kongres Amerika, dengan mengatakan bahwa bantuan tersebut akan bermanfaat bagi Ukraina dan Amerika Serikat.

“Kami menghargai setiap tanda dukungan terhadap negara kami dan kemerdekaannya, masyarakatnya dan cara hidupnya, yang coba dikubur oleh Rusia di bawah reruntuhan,” katanya. “Amerika telah menunjukkan kepemimpinannya sejak hari-hari pertama. Kepemimpinan seperti ini diperlukan untuk menjaga tatanan internasional yang berdasarkan aturan dan dapat diprediksi untuk semua negara,” tambah Zelenskyy.

Personil layanan darurat sedang berupaya memadamkan api menyusul serangan Rusia di Cherkasy, Ukraina, Kamis, 21 September 2023. (Foto: via AP)
Personil layanan darurat sedang berupaya memadamkan api menyusul serangan Rusia di Cherkasy, Ukraina, Kamis, 21 September 2023. (Foto: via AP)

Analis militer di Kyiv mengatakan bantuan AS, yang mencakup rudal jarak jauh, bisa menjadi terobosan baru di medan tempur.

Berbicara dengan VOA lewat tautan Zoom, Oleksandr Musienko, kepala Pusat Studi Hukum Militer, mengatakan dukungan AS termasuk rudal canggih jarak jauh yang disebut ATACMS, sangat penting karena Ukraina kekurangan senjata dan amunisi.

Dia mengatakan pasukan Rusia sedang bersiap untuk mengintensifkan serangan di Ukraina timur, dan pasukan Ukraina sangat membutuhkan senjata tambahan, amunisi tambahan, dan proyektil. “Kami membutuhkan ATACMS, untuk menahan serangan ini,” tambahnya.

Musienko dan warga Ukraina umumnya percaya bahwa peluang pasukan Ukraina telah meningkat secara signifikan ketika mereka menghadapi serangan Rusia yang diperkirakan akan terjadi dalam beberapa bulan mendatang.

Paket bantuan Washington ke Ukraina sebagian berupa pinjaman, yang memicu perdebatan sengit di Ukraina.

Negara ini sudah berjuang dengan utang nasional yang mencapai $145 miliar, naik dari hampir $90 miliar pada awal perang.

Sebagian ekonom dan politisi mengajukan pertanyaan tentang bagaimana dan kapan Ukraina mampu membayar kembali utangnya.

Sekarang ini merupakan masa-masa sulit bagi Ukraina dan bagi banyak warga Ukraina, dan yang paling penting adalah kini uang sudah mulai mengalir. [lt/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG