Tautan-tautan Akses

Ukraina Tangkap Tersangka Penembak Wartawan Rusia


Editor majalah Forbes edisi Rusia Paul Klebnikov di Moskow, 13 Mei 2004. (Foto: dok.)

Petugas keamanan Ukraina telah menangkap seorang laki-laki yang dinilai sebagai tersangka penembak Paul Klebnikov, editor majalah “Forbes” edisi Rusia, pada tahun 2004.

Security Service Ukraine dalam pernyataan hari Sabtu (18/11) mengatakan telah menahan tersangka di Kiev, yang merupakan seorang warga Rusia yang juga dicari dalam beberapa pembunuhan lain. Ukraina tidak mengidentifikasi tersangka itu.

Klebnikov bekerja sebagai pemimpin redaksi “Forbes” edisi Rusia ketika ia ditembak di kepala di luar kantornya di Moskow pada 9 Juli 2004. Ia luka parah dan meninggal tak lama kemudian di rumah sakit.

Klebnikov telah menulis laporan utama di “Forbes” tentang Boris Berezovsky, dengan menuduh penguasa Rusia ketika itu dan orang dalam Kremlin melakukan sejumlah perjanjian yang mencurigakan.

Klebnikov memperluas artikel itu menjadi buku berjudul “Godfater of the Kremlin: Boris Berezovsky dan Penjarahan di Rusia”. Buku itu memfokuskan pada Berezovsky, tetapi melihat korupsi di tingkat tinggi pada era Presiden Rusia Boris Yeltsin. [em/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG