Tautan-tautan Akses

Ukraina dan Uni Eropa Siap Langsungkan Pertemuan di Kyiv pada Awal Februari


Anggota pasukan Ukraina mengendarai tank saat berpatroli di wilayah desa Torske, Donestk, pada 30 Desember 2022. (Foto: Reuters/Yevhen Titov)
Anggota pasukan Ukraina mengendarai tank saat berpatroli di wilayah desa Torske, Donestk, pada 30 Desember 2022. (Foto: Reuters/Yevhen Titov)

Kantor Presiden Volodymyr Zelenskyy, pada Senin (2/1), menyatakan Ukraina dan Uni Eropa akan melangsungkan KTT di Kyiv pada tanggal 3 Februari mendatang untuk membahas dukungan keuangan dan militer.

Dalam pernyataan tersebut, disebutkan bahwa Zelenskyy telah melangsungkan pembicaraan melalui telepon dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen – yang pertama pada tahun 2023 – untuk membahas rincian pertemuan tingkat tinggi itu.

"Kedua belah pihak membahas hasil KTT Ukraina-Uni Eropa yang akan diselenggarakan pada 3 Februari mendatang di Kyiv dan sepakat untuk mengintensifkan persiapannya,” tambah pernyataan itu.

Kedua pemimpin itu berbicara tentang pasokan senjata dan program bantuan keuangan bernilai $19 miliar “yang tepat” untuk Ukraina, di mana Zelenskyy mendorong pengiriman tahap pertama bantuan itu pada bulan Januari ini.

Bulan lalu, Uni Eropa memuluskan jalan untuk memberikan bantuan “megadeal” pada Ukraina, yang mencakup adopsi minimal 15 persen pajak perusahaan global.

Langkah itu menyusul permohonan penuh semangat yang disampaikan Zelenskyy untuk tidak membiarkan perselisihan di dalam negeri blok 27 negara itu menghalangi upaya dalam mendukung Kyiv. [em/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG