Tautan-tautan Akses

UE Dukung Usulan Utusan Khusus Suriah Bentuk Komite Konstitusional


Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura menghadiri konferensi pers di kantor PBB di Jenewa, Swiss, 4 September 2018.
Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura menghadiri konferensi pers di kantor PBB di Jenewa, Swiss, 4 September 2018.

Para duta dari Uni Eropa, Rabu (17/10), mengeluarkan pernyataan bersama, yang mendukung upaya-upaya utusan khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, setelah ia mengumumkan akan mengundurkan diri pada akhir November.

"Kami menyatakan dukungan penuh atas upaya Staffan de Mistura Utusan Khusus PBB untuk Suriah untuk secepatnya membentuk komite konstitusional yang kredibel dan sah guna memajukan upaya-upaya PBB guna mencapai solusi politik yang berkelanjutan terhadap konflik di Suriah sejalan dengan resolusi Dewan Keamanan 22 54, " demikian bunyi pernyataan yang dibacakan oleh Olof Skoog, Duta Besar Swedia untuk PBB.

Pernyataan bersama itu mengimbau semua pihak "untuk secara konstruktif terlibat dengan utusan khusus dengan tujuan secepat mungkin dan tanpa penundaan lebih lanjut membentuk komite konstitusional yang kredibel dan inklusif dan mendorong utusan khusus untuk segera melaporkannya kembali pada Dewan Keamanan. "

Staffan de Mistura, yang ingin menghentikan spekulasi, mengatakan keputusannya untuk mundur tidak ada hubungannya dengan kesehatannya.

"Saya selalu menyampaikan kepada Sekjen rencana saya adalah karena alasan pribadi bukan kesehatan," kata de Mistura, "pada dasarnya alasan keluarga. Jadi tidak ada spekulasi mengenai hal itu." [my]

XS
SM
MD
LG