Tautan-tautan Akses

UE Akan Balas Jika AS Batasi Perdagangan


Gulungan baja di pabrik produsen baja Salzgitter di Salzgitter, Jerman, 3 Maret 2016.

Komisi Eropa pada, Selasa (20/2), mengungkapkan keprihatinan kepada Washington mengenai kemungkinan pembatasan impor baja dan aluminium dan memperingatkan pihaknya siap membalas, jika industrinya terimbas kebijakan itu.

"Kami telah menjelaskan kepada pemerintah AS pada tingkat tertinggi bahwa kami akan sangat memperhatikan langkah-langkah yang mempengaruhi industri Uni Eropa," kata juru bicara komisi, Margaritis Schinas, dalam sebuah konferensi pers.

Baca: Jepang: Usulan Pembatasan Impor Baja AS Langgar Perdagangan Bebas

"Kami akan mengambil langkah yang tepat untuk membela industri UE dan kami siap bereaksi dengan cepat dan tepat, jika ekspor kami dipengaruhi oleh tindakan pembatasan oleh Amerika Serikat," ujar Schinas. Dia menambahkan, "Tidak, kita tidak sedang perang dagang."

Departemen Perdagangan AS telah memberi rekomendasi kepada Presiden Donald Trump agar memberlakukan pembatasan besar untuk impor baja dan aluminium dari China dan negara-negara lain, mulai dari tarif global dan negara spesifik hingga kuota impor yang luas, menurut proposal yang dirilis pada Jumat (16/2). [as/al]

XS
SM
MD
LG