Tautan-tautan Akses

Udarakan Liputan Neo-Nazi, TVN Diintimidasi Otorita Polandia


ARSIP – Foto arsip yang diambil tanggal 12 September 2017 menampilkan serangkaian piringan parabola di atap kantor pusat stasiun pemancar TVN di Warsawa, Polandia, milik U.S. Scripps Networks Interactive (foto: AP Photo/Czarek Sokolowski, Arsip) Sept. 12, 2017.

Satu badan penyiaran Amerika mengatakan telah menjadi target upaya intimidasi otorita Polandia setelah beberapa petugas keamanan datang ke rumah seorang juru kamera mereka yang sedang menyamar untuk membuat film tentang neo-Nazi, dan memintanya datang ke kantor mereka guna diinterogasi terkait dugaan menyebarluaskan fasisme.

TVN – yang merupakan salah satu stasiun televisi milik “Discovery” – menyiarkan sebuah rekaman yang diambil secara rahasia Januari lalu, yang menunjukkan sejumlah anggota kelompok neo-Nazi Polandia pada tahun 2017 merayakan ulang tahun Adolf Hitler di dalam hutan.

TVN Sabtu malam (24/11) mengatakan wartawan-wartawan mereka “bertindak sesuai semua aturan jurnalistik investigatif” dan menilai tindakan para petugas keamanan Polandia itu sebagai “upaya intimidasi terhadap wartawan.” Pernyataan itu disampaikan sehari setelah beberapa petugas keamanan mendatangi juru kamera Piotr Wacowski.

Insiden itu terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang kebebasan media di Polandia. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG