Tautan-tautan Akses

Udang Berisik Dinamakan Sesuai Grup Band Cadas


Jenis udang yang baru saja ditemukan diberi nama sesuai dengan grup band cadas Pink Floyd. (Museum Sejarah Alam Oxford University).

Grup band Pink Floyd menjadi nama yang mengilhami penamaan sebuah udang pistol yang mengandalkan suara yang memekakkan telinga untuk melumpuhkan mangasanya.

Seekor udang yang menggunakan suara yang memekakkan telinga untuk melumpuhkan mangsanya diberi nama seperti grup band cadas legendaris Pink Floyd.

Synalpheus pinkfloydi, sejenis udang pistol, memiliki capit merah muda berukuran besar, yang ketika dihentakkan, menciptakan suara letusan yang lebih keras dari suara tembakan.

Sammy de Grave dari Museum Sejarah Alam Oxford University, yang memberi nama udang tersebut, menggabungkan suara keras, warna merah muda dan kecintaannya pada Pink Floyd hingga munculnya gagasan dengan nama tersebut.

“Saya telah menjadi penikmat musik Floyd sejak dirilisnya The Wall tahun 1979, ketika saya masih berusia 14 tahun. Sejak itu saya telah beberapa kali menyaksikan penampilan mereka secara langsung, termasuk saat acara reuni di Hyde Park untuk Live 8 di tahun 2005,” ujarnya pada surat kabar The Telegraph, dengan mengacu pada konser amal untuk memberantas kemisikinan. “Uraian tentang spesies udang pistol yang baru adalah peluang sempurna untuk akhirnya memberikan persetujuan untuk band favorit saya.”

Saat Synalpheus pinkfloydi menghentakkan capitnya, udang tersebut “menciptakan gelembung berongga bertekanan tinggi yang mengempis sehinga menghasilkan salah satu suara terkeras di samudra,” sebagaimana dilaporkan oleh The Telegraph. Suara tersebut bisa sekeras 210 decibel, cukup keras untuk melumpuhkan atau membunuh ikan kecil.

Gelembung itu juga bersuhu tinggi, mampu mencapai suhu sepanas 4.400 derajat Celsius.

Ini bukanlah pertama kalinya de Grave member nama krustasea sesuai dengan nama grup musik cadas, sebagaimana dilaporkan oleh BBC. Elephantis jaggerai adalah nama yang disematkan untuk menghormati Mick Jagger, figur utama dalam grup band Rolling Stones.

Uraian de Grave tentang udang tersebut, yang ditemukan di lepas pantai samudra Pasifik dari negara Panama, dipublikasikan dalam jurnal Zootaxa. [ww]

XS
SM
MD
LG