Tautan-tautan Akses

Turki Serang Pemberontak Kurdi di Irak


Jet-jet Turki melangsungkan serangan udara lintas perbatasan, menarget kelompok pemberontak Kurdi di Irak Utara, Senin (15/6). (Foto: ilustrasi).

Jet-jet Turki melangsungkan serangan udara lintas perbatasan, Senin (15/6), yang menarget kelompok pemberontak Kurdi di Irak Utara, kata Kementerian Pertahanan Turki.

Turki sering melangsungkan serangan udara terhadap Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dianggapnya ilegal dan berbasis di Irak Utara. Menurut sebuah pernyataan militer Kurdi di Twitter, serangan terbaru mereka yang disebut Operasi Cakar Elang menghantam target-target PKK di beberapa kawasan di Irak Utara, termasuk Sinjar. Militer Turki mengklaim, 81 target PKK terhantam, termasuk sejumlah gua perlindungan.

Kementerian Pertahanan Turki mengatakan, jet-jet tempur mereka melangsungkan serangan dengan kehati-hatian maksimum untuk menghindari korban sipil, dan berhasil kembali ke pangkalan dengan aman.

Belum ada pernyataan dari PKK, yang sudah melangsungkan pemberontakan lebih dari 30 tahun di wilayah tenggara Turki. Belum juga ada pernyataan dari pemerintah Baghdad atau dari pemerintah semi-otonom Kurdi di Irak Utara.

PKK dianggap organisasi teror oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa. Konflik dengan organisasi itu telah menelan puluhan ribu jiwa sejak dimulai pada 1984. [ab/uh]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG