Tautan-tautan Akses

Turki Perintahkan Penangkapan 139 Orang Terkait Fethullah Gulen


Petugas kepolisian Turki mengawal orang-orang yang ditangkap atas dugaan terkait dengan ulama yang berbasis di AS, Fetullah Gulen, di Kayseri, Turki, 26 April 2017.(Foto: dok).

Kantor berita pemerintah Turki mengatakan, pihak berwenang telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap 139 pegawai pemerintah yang diguga memiliki hubungan dengan ulama yang berbasis di AS, Fethullah Gulen, yang dituduh mendalangi kudeta yang gagal musim panas lalu.

Anadolu mengatakan, Rabu (24/5), pihak berwenang telah memerintahkan penangkapan 60 pegawai kantor walikota Ankara, 19 pegawai pemerintah distrik Ankara, 30 mantan pegawai kementerian pembangunan dan 30 pegawai kementerian pendidikan.

Turki telah melangsungkan aksi penumpasan skala besar terhadap para pendukung Gullen sejak insiden kudeta. Sejauh ini 47 ribu orang telah ditangkap dan puluhan ribu pegawai pemerintah diberhentikan. Gullen membantah terlibat dalam kudeta itu.

Anadolu mengatakan, mereka yang akan ditangkap kali ini diduga menggunakan aplikasi komunikasi khusus yang menurut pemerintah digunakan oleh para pengikut Gullen. [ab/as]

XS
SM
MD
LG