Tautan-tautan Akses

Turki Kerahkan Pasukan ke Idlib, Suriah


Tank dan kendaraan pasukan Turki berada di posisi dekat kota Reyhanli, Turki, yang perbatasan Suriah, Senin 9 Oktober 2017. (Foto: dok).

Turki telah mengerahkan pasukan ke provinsi Idlib, Suriah, dalam usaha untuk menghentikan pertempuran dan mengakhiri kekuasaan jihadis di daerah itu.

Para pejabat militer Turki, Jumat (13/10) mengatakan pasukan Turki akan membuat pos-pos pengamatan di daerah tersebut. Surat kabar Hurriyet melaporkan Turki mengerahkan lebih dari 100 tentara dan 30 kendaraan lapis baja ke daerah bagian barat laut Suriah itu. Surat kabar itu mengatakan pasukan tambahan akan dikirim dalam beberapa hari mendatang.

Pasukan Turki membantu pemberontak Suriah yang bernama Laskar Suriah Bebas, yang ingin menggulingkan Presiden Bashar al-Assad.

Dalam pidato televisi hari Jumat (13/10), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, “Kita sudah mengatakan kita mungkin akan datang secara mendadak malam hari, dan tadi malam . . .kita memulai operasi itu,” yang dimaksudnya adalah operasi yang mulai hari Kamis.

“Kami-lah yang mempunyai perbatasan sepanjang 911 kilometer dengan Suriah, kami-lah yang terancam,” kata Erdogan.

Turki saat ini menampung 3 juta orang pengungsi dari Irak dan Suriah. Para pakar keamanan telah memperingatkan bahwa ada kemungkinan Turki akan menghadapi krisis kemanusiaan, tetapi juga ancaman keamanan dari jihadis yang berpangkalan di Idlib.

Langkah Turki di Suriah diambil setelah para diplomat dari Turki, Rusia, dan Iran, mengadakan pertemuan bulan lalu di Astana dan sepakat menciptakan zona peredaan di Idlib yang memerlukan, antara lain, penempatan pengamat. [gp]

XS
SM
MD
LG