Tautan-tautan Akses

Turki Jadi Tuan Rumah KTT Trilateral Soal Suriah


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara kepada sekelompok pengusaha AS di istananya, di Ankara, Turki, 10 September 2019. (Foto: Associated Press)

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, akan menjamu Rusia dan Iran untuk pertemuan puncak terbaru mereka di Suriah pada Senin (16/9). Pertemuan tersebut akan terfokus pada masalah eskalasi Damaskus pada benteng terakhir Idlib yang dikuasai pemberontak.

Presiden Vladimir Putin dan Hassan Rouhani akan bergabung dengan Erdogan di ibu kota Turki, Ankara, untuk pertemuan puncak kelima mereka mengenai konflik. Pertemuan tersebut pertama kali dilakukan pada tahun 2017.

Iran dan Rusia telah menjadi pendukung setia Presiden Suriah, Bashar al-Assad, sementara Turki menyerukan penggulingannya dan mendukung para pejuang oposisi.

Namun dengan posisi Assad yang semakin aman, prioritas Turki telah bergeser, yaitu mencegah gelombang besar pengungsi dari Idlib di barat laut Suriah.

Turki prihatin dengan meluasnya pasukan Suriah ke wilayah tersebut dengan didukung oleh kekuatan udara Rusia. Meskipun sebenarnya tetap ada serangkaian gencatan senjata. [ka/ah]

XS
SM
MD
LG