Tautan-tautan Akses

Turis Asing Diizinkan Berkemah di Gunung Berapi Terbesar di Korut


Sinead dari Australia berada di Danau Chon saat mengikuti hiking yang diadakan oleh Roger Shepherd dari Hike Korea di Gunung Paektu, Korea Utara, 18 Agustus 2018.

Turis-turis asing yang ingin berkunjung ke tempat-tempat yang jarang dikunjungi di Korea Utara kini diizinkan berkemah di gunung Paektu, gunung berapi terbesar di negara itu.

Seorang warga Selandia Baru yang punya banyak pengalaman mendaki gunung di Korea Selatan dan Utara, kini sedang memandu rombongan pertama turis asing untuk mendaki gunung dan berkemah dekat kawah gunung Paektu yang terletak di perbatasan Korea Utara dan China, menurut laporan Associated Press.

Letusan Gunung Paektu pada 946 adalah salah satu letusan terbesar dalam sejarah. Gunung berapi dan kawahnya itu juga dianggap situs alam yang paling indah di Korea Utara. Walaupun dinyatakan masih aktif, gunung berapi itu belum pernah erupsi dalam tahun-tahun belakangan ini.

Gunung itu juga paling dihormati di Korea Utara, karena katanya punya hubungan dengan keluarga Kim yang berkuasa, dan dianggap sebagai tempat asal revolusi Korea.

Roger Shepherd, warga Selandia Baru itu, berhasil meyakinkan pemerintah Korea Utara supaya mengizinkannya membawa rombongan dengan berjalan kaki dan tidak naik bis-bis turis seperti yang banyak dilakukan orang.

Beberapa daerah di sekitar gunung itu punya sejumlah kamp perkemahan hasil rekonstruksi, yang katanya dulu digunakan oleh pendiri Korea Utara Kim ill Sung dan para gerilyanya yang berjuang melawan pasukan kolonial Jepang sebelum Perang Dunia II.

Sabtu (18/8), rombongan turis asing itu mencapai puncak gunung dan turun ke danau yang terdapat dalam kawah gunung itu dan kemudian berkemah di dataran tinggi di dekatnya. [ii]

XS
SM
MD
LG