Tautan-tautan Akses

Tuntut Kenaikan Gaji, Ribuan Guru AS Unjuk Rasa Dua Hari Berturut-Turut


Ribuan guru melakukan aksi unjuk rasa di parlemen negara bagian di Oklahoma City, Oklahoma, Senin (2/4).
Ribuan guru melakukan aksi unjuk rasa di parlemen negara bagian di Oklahoma City, Oklahoma, Senin (2/4).

Banyak sekolah di negara bagian Oklahoma masih tutup hari Selasa (3/4) hari kedua setelah para guru berunjuk rasa menuntut kenaikan gaji dan anggaran pendidikan, langkah protes yang dilakukan di negara-negara bagian yang dikuasai Partai Republik.

Gubernur Oklahoma Mary Fallin pekan lalu menandatangani undang-undang yang menjamin kenaikan gaji guru antara 15-18 persen. Tetapi sebagian guru, yang dalam sepuluh tahun terakhir gajinya tidak naik, mengatakan hal itu tidak cukup dan tetap melanjutkan unjukrasa.

“Jika saya tidak memiliki pekerjaan tambahan, saya akan minta tunjangan makan,” ujar Rae Lovelace, seorang ibu tunggal dan guru kelas tiga di SD Leedey di barat daya Oklahoma, yang juga bekerja 30-40 jam seminggu dengan mengajar di kursus online.

Tiga distrik sekolah terbesar di Oklahoma – Oklahoma City, Tulsa dan Edmon – tutup hari Selasa (3/4) untuk menghormati mereka yang berunjuk rasa. Sebagian sekolah menawarkan makanan gratis bagi siswa berusia 18 tahun atau lebih muda, sementara sejumlah gereja, organisasi keagamaan dan badan-badan derma menyediakan layanan penitipan anak gratis.

Fallin hari Senin (2/4) memperingatkan bahwa anggaran negara bagian itu sangat sedikit dan banyak kebutuhan penting lain selain pendidikan. “Kita harus bertanggungjawab untuk tidak mengabaikan kebutuhan lain di negara bagian ini seperti layanan kesehatan dan SDM ketika mempertimbangkan tambahan anggaran pendidikan,” tambah Fallin yang berasal dari Partai Republik itu.

Tetapi anggota Kongres dari faksi Demokrat Collin Walke mengatakan para guru seharusnya meningkatkan tekanan. Dua RUU terpisah masih dibahas di dewan untuk memperbanyak rumah perjudian di tanah milik suku Indian dan menghapus pajak keuntungan yang dapat menghasilkan lebih dari 100 juta dolar tambahan anggaran setiap tahun. “Saya pikir strategi Partai Republik adalah menunggu para guru berdemonstrasi,” ujar Walke.

Menurut data statistik terbaru Asosiasi Pendidikan Nasional, anggaran pendidikan per siswa di Oklahoma berada di peringkat 47 di antara negara-negara bagian lain di Amerika, sementara gaji rata-rata guru mencapai 45.276 dolar per tahun atau berada di peringkat 49 – sebelum kenaikan terbaru hari Minggu.

Demonstrasi para guru di Oklahoma ini diilhai oleh demonstrasi serupa di negara bagian West Virginia, di mana para guru berhenti mengajar dan turun ke jalan selama sembilan hari awal tahun ini. Mereka berhasil mendapatkan kenaikan gaji lima persen.

Saat ini para guru di negara bagian Arizona juga sedang mempertimbangkan unjuk rasa terhadap tuntutan kenaikan gaji 20 persen. [em/al]

XS
SM
MD
LG