Tautan-tautan Akses

Tunggu Kemungkinan Banding, Tiga Penulis Iran Masih Bebas


Tiga penulis Iran, dari kiri: Reza Khandan-Mahabadi, Baktash Abtin, dan Keyvan Bajan divonis 6 tahun penjara pada 15 Mei 2019.

Sebuah asosiasi penulis internasional mengatakan, tiga penulis Iran yang dihukum penjara minggu ini masih bebas, sambil menunggu kemungkinan naik banding atas vonis mereka. Mereka dihukum karena pelanggaran keamanan.

Dalam sebuah pernyataan kepada VOA Seksi Persia Jumat, PEN International yang berbasis di London mengatakan, penulis Baktash Abtin, Keyvan Bajan, dan Reza Khandan-Mahabadi belum masuk dalam tahanan.

PEN International mengatakan, pihaknya tidak punya kontak langsung dengan mereka, tetapi berbicara dengan Arash Ganji, sekretaris dari Asosiasi Penulis Iran atau IWA.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis, yang diposting di situs IWA, yang dioperasikan dari pengasingan, IWA mengatakan sebuah pengadilan Teheran memberitahu pengacara penulis-penulis itu sehari sebelumnya, pengadilan menjatuhkan hukuman enam tahun penjara atas diri Abtin, Bajan, dan Khandan-Mahabadi.

Menurut IWA, setiap penulis dijatuhi hukuman lima tahun karena berkolusi menentang keamanan nasional, dan satu tahun karena menyebarkan propaganda penentangan terhadap pemerintah. (jm)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG