Tautan-tautan Akses

Tujuh Tewas dalam Serangan di Kamp Pelatihan Militer Somalia


Peta dari wilayah Bardhere, Somalia. (Foto: VOA)
Peta dari wilayah Bardhere, Somalia. (Foto: VOA)

Setidaknya tujuh orang tewas, pada Rabu (21/6), ketika dua mobil yang sarat dengan bahan peledak meledak di luar kamp pelatihan militer di Kota Bardhere, Somalia selatan.

“Para militan menarget lokasi perekrutan militer regional dengan dua bom mobil. Tujuh orang yang direkrut tewas dan sedikitnya 18 lainnya luka-luka,” kata Osman Nuh Haji, wakil gubernur wilayah Gedo yang bertanggung jawab atas urusan keamanan, kepada VOA.

Dalam sebuah wawancara dengan VOA, Komisaris Distrik Bardhere Mohamed Wali Yusuf, mengatakan pasukan keamanan regional mencegah bom mobil bunuh diri itu mencapai kamp perekrutan.

“Kami mendapat tip keamanan tentang kemungkinan serangan dan itu membantu kami menggagalkan serangan dan mencegah kendaraan bunuh diri mencapai tujuannya,” kata Yusuf. “Mereka [para militan] bergerak mendekati pangkalan, tetapi tidak mengenainya dengan tepat,” katanya.

Kelompok ekstremis Al-Shabab mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, dengan mengatakan "mereka menargetkan kamp itu karena pejabat Ethiopia dan Somalia sedang bertemu di sana." Pemerintah daerah membantah klaim tersebut.

Pada bulan Maret lalu, serangan bom mobil serupa di wisma regional kota itu menewaskan beberapa tentara dan 10 orang lainnya mengalami luka-luka.

Bardhere adalah kota pertanian strategis yang terletak sekitar 450 kilometer di selatan Mogadishu. Kota itu terletak di dekat wilayah Jubba Tengah, satu-satunya wilayah di Somalia yang sepenuhnya dikendalikan oleh militan al-Shabab.

Serangan pada hari Rabu itu terjadi sehari setelah kekerasan di Somalia yang melibatkan pertempuran sengit di negara bagian Puntland yang semi-otonom dan ledakan bom di wilayah Lower Shabelle di negara itu menewaskan sedikitnya 36 orang. [my/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG