Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Tanpa Anggaran untuk Bangun Tembok, Pemerintah Tak Akan Beroperasi


Presiden AS Donald Trump tetap menuntut anggaran bagi pembangunan tembok di perbatasan AS-Meksiko.

Solusi untuk menyudahi penghentian sebagian operasi pemerintah federal Amerika tampaknya semakin tidak akan tercapai seiring pernyataan Presiden Donald Trump hari Selasa (25/12) bahwa selama tuntutannya untuk memperoleh anggaran bagi pembangunan tembok di perbatasan selatan Amerika-Meksiko tidak dipenuhi, maka pemerintah tetap menghentikan sebagian operasinya.

“Saya tidak dapat mengatakan kapan operasi pemerintah akan dimulai lagi. Saya hanya dapat mengatakan bahwa hal ini tidak akan terjadi hingga kita memiliki tembok, pagar, apapun sebutan yang akan digunakan,” ujar Trump di Ruang Oval setelah melakukan telekonferensi video dengan pasukan Amerika yang ditempatkan di luar negeri.

Trump mengklaim ratusan ribu pekerja federal yang dirumahkan karena penghentian sebagian operasi pemerintah itu juga menginginkan pembangunan tembok, meskipun tidak ada bukti yang mendukung pernyataan itu.

Trump hari Senin (24/12) menegaskan bahwa Partai Demokrat “harus mengakhiri” kebuntutan ini. Pemimpin-pemimpin Partai Demokrat di Kongres menyalahkan Trump karena “menjerumuskan negara ke dalam kekacauan.”

Kedua pihak saling tuding sebagai penyebab penghentian sebagian operasi pemerintah, yang pada hari Natal Selasa ini (25/12) telah memasuki hari keempat.

Meskipun badan-badan yang mengurusi keamanan nasional dan pelayanan publik tetap buka, sejumlah badan lain tidak beroperasi dan sekitar 800.000 pegawai federal terpaksa dirumahkan. Mereka

yang dinilai memiliki posisi strategis untuk menjalankan operasi, tetap diharuskan bekerja tetapi tidak akan digaji hingga pemerintah federal beroperasi normal kembali.

“Presiden menghendaki terjadinya penghentian operasi ini, tetapi tampaknya tidak tahu bagaimana menyudahinya,” ujar pemimpin minoritas Senat Chuck Schummer dan calon Ketua DPR Nancy Pelosi dalam sebuah pernyataan bersama. “Pasar saham terjun bebas dan presiden mengobarkan perang terhadap Bank Sentral Amerika setelah ia memecat menteri pertahanan,” tambahnya.

Trump menuntut anggaran lima miliar dolar bagi pembangunan tembok di sepanjang perbatasan selatan Amerika-Meksiko. Partai Demokrat menawarkan 1,3 miliar dolar untuk langkah-langkah keamanan lain di perbatasan. (em)

XS
SM
MD
LG