Tautan-tautan Akses

AS

Trump Tandatangani Resolusi Kutuk Kebencian


Mahasiswa Universitas Howard berhenti di lokasi di mana Heather Heyer tewas ditabrak mobil ketika sedang mengikuti aksi protes menentang kelompok Supremasi Kulit Putih di Charlottesville, Virginia, 18 Agustus 2017.

Presiden Donald Trump hari Kamis (15/9) menandatangani resolusi Kongres mengutuk kelompok supremasi kulit putih, tidak lama setelah menyalahkan kelompok anti-fasis untuk kekerasan yang menimbulkan korban jiwa di Charlottesville, Virginia, bulan lalu.

"Sebagai orang Amerika, kita mengutuk kekerasan belum lama ini di Charlottesville dan mengutuk kebencian dan rasisme dalam segala bentuknya,” kata Trump selagi menandatangani resolusi itu.

Ia menegaskan lagi pernyataan Kongres yang juga mengutuk kekerasan Charlottesville dan kutukan umum terhadap kelompok supremasi kulit putih, neo-Nazi, dan kelompok kebencian lain.

Tetapi berbicara kepada wartawan dalam pesawat kepresidenan sebelumnya hari Kamis, Trump sekali lagi menyalahkan kedua pihak untuk kekerasan di Charlottesville.

Trump memicu kemarahan banyak orang ketika bulan lalu ia menunggu dua hari sebelum mengutuk kelompok supremasi kulit putih setelah terjadi kekerasan antara neo-Nazi dan musuh-musuh mereka di Charlottesville.

Seorang pengunjuk rasa tewas ditabrak mobil yang dikemudikan seseorang yang menyatakan diri sebagai pengikut kelompok supremasi kulit putih. [ds]


XS
SM
MD
LG