Tautan-tautan Akses

AS

Trump Sesumbar tentang Persetujuan Perdagangan Baru dengan China


ARSIP - Presiden Donald Trump berbicara kepada para reporter di South Lawn, Gedung Putih, Washington D.C., sebelum melakukan perjalanan untuk menghadiri Pertemuan Puncak G20 di Buenos Aires, hari Kamis, 29 November 2018 (foto: AP Photo/Evan Vucci)

Presiden Trump Senin mengatakan, dia punya hubungan sangat kuat dan pribadi dengan Presiden China Xi Jin-ping, dan mendeklarasikan bahwa sebuah persetujuan perdagangan baru antara Amerika dan China akan segera memungkinkan petani-petani Amerika menjual lebih banyak produk mereka ke China.

Pasar saham di Asia dan Eropa naik tajam setelah pertemuan Trump dan Xi di Argentina pada Sabtu itu, dimana mereka sepakat untuk tidak memberlakukan tarif baru pada masing-masing ekspor untuk kurun 90 hari mendatang. Kurun 90 hari itu akan digunakan untuk merundingkan persetujuan perdagangan yang terperinci.

Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan, Amerika memperoleh komitmen dari China pihaknya akan membeli produk Amerika bernilai lebih dari $ 1 triliun.

Pada Senin, Kementerian Luar Negeri China mengatakan, presiden China dan Amerika telah sepakat untuk mengusahakan penghapusan semua tarif. [jm]

XS
SM
MD
LG