Tautan-tautan Akses

AS

Trump Sahkan RUU Anggaran, Pemerintah AS Terhindar dari Shutdown


Presiden AS Donald Trump memberi kata sambutan di sebuah acara di Palm Beach County Convention Center, West Palm Beach, Florida, 21 December 2019. (Foto: Reuters)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah meneken dua rancangan undang-undang (RUU) anggaran. Dengan pengesahan dua RUU anggaran itu, pemerintah federal AS mempunyai dana hingga September 2020 dan menghindari penutupan sebagian kegiatan pemerintah yang sedianya diberlakukan pada Jumat (20/12).

Kedua RUU anggaran itu bernilai total AS$1,4 triliun dan mencakup kenaikan upah sebesar 3,1 persen bagi pegawai negeri sipil (PNS).

Dengan ditandatanganinya RUU kebijakan pertahanan yang bernilai AS$738 miliar, Trump mengizinkan pembentukan Angkatan Antariksa, kenaikan upah sebesar 3,1 persen bagi perwira militer dan cuti melahirkan/adopsi selama 12 minggu bagi para PNS.

RUU itu ditandatangani setelah faksi Republik dan Demokrat di Kongres berkompromi hanya beberapa hari setelah DPR yang dikuasai Demokrat memakzulkan presiden.

Sementara faksi Republik memuji RUU anggaran sebagai kemenangan bagi militer AS, faksi Demokrat mengatakan mereka berhasil mendapat dana untuk menaikkan upah PNS, riset mengenai kekerasan senjata, keamanan pemilu dan menambah dana untuk riset iklim.

Angkatan Antariksa yang diusulkan Trump, cabang militer keenam AS, didanai dengan imbal balik didanainya usulan Demokrat, yaitu memberi 2 juta PNS cuti melahirkan/adopsi dibayar selama 12 minggu. Cuti melahirkan untuk para PNS adalah yang pertama dalam sejarah AS. [vm/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG