Tautan-tautan Akses

AS

Trump Rilis Formulir Laporan Keuangan, Ungkap Pembayaran kepada Pengacara


Michael Cohen, pengacara pribadi Presiden Trump (foto: ilustrasi). Trump mengakui "mengganti sepenuhnya" uang pengacara pribadinya, Michael Cohen untuk "pengeluaran" yang terjadi tahun 2016.

Presiden AS Donald Trump hari Selasa (15/5) dalam laporan keuangan yang diserahkan kepada pengawas etika pemerintah OGE mengungkapkan bahwa ia mengganti uang pengacara pribadinya yang konon digunakan untuk membayar uang pembungkam kepada bintang film porno Stormy Daniels.

Dalam laporan keuangan tahunannya yang dikeluarkan Kantor Etika Pemerintah pada hari Rabu (16/5), Trump mengakui "mengganti sepenuhnya" uang pengacara pribadinya, Michael Cohen untuk "pengeluaran" yang terjadi tahun 2016. Pengeluaran itu adalah pembayaran sebesar 130.000 dolar yang diberikan Cohen untuk Daniels pada minggu-minggu terakhir pemilihan presiden 2016 untuk membuatnya bungkam mengenai dugaan hubungan seksualnya dengan Trump 10 tahun sebelumnya.

Trump sebelumnya membantah mengetahui apa pun tentang pembayaran itu, tetapi pengacaranya, Rudy Giuliani, baru-baru ini mengungkapkan bahwa Trump tahu mengenai pembayaran itu dan telah mengganti Cohen lewat pembayaran bulanan.

Laporan keuangan itu mengatakan meskipun Trump tidak harus mencantumkan pembayaran itu sebagai "pengeluaran yang perlu dilaporkan", ia melakukannya "demi transparansi." Namun, pejabat direktur OGE, David Adol mengatakan berdasarkan informasi yang dimasukkan Trump dalam laporan keuangannya, pembayaran kepada Cohen "wajib dilaporkan sebagai pengeluaran."

OGE menetapkan bahwa informasi yang diberikan itu Trump memenuhi "persyaratan pengungkapan pengeluaran yang diwajibkan" berdasarkan Undang-Undang Etika dalam Pemerintahan,demikian tulis Apol kepada wakil jaksa agung Rod Rosenstein.

Mantan direktur OGE Walter Shaub, seorang pengecam Trump yang mengundurkan diri dari kantor itu tahun lalu, mengatakan ketetapan lembaga etika pemerintah itu menunjukkan Trump seharusnya melaporkan pembayaran itu dalam laporan keuangan tahunannya pada tahun 2017.[my/ds]

XS
SM
MD
LG