Tautan-tautan Akses

Trump Remehkan Pidana Dua Mantan Orang Dekat


Foto kombinasi mantan pengacara Trump, Michael Cohen (kiri); Presiden Trump (tengah); dan mantan manajer kampanye Trump, Paul Manafort.
Foto kombinasi mantan pengacara Trump, Michael Cohen (kiri); Presiden Trump (tengah); dan mantan manajer kampanye Trump, Paul Manafort.

Presiden Donald Trump mengatakan bukan organisasi kampanyenya yang melakukan penyuapan uang diam lewat pengacara pribadinya, Michael Cohen, pada 2016. Ini terjadi sebelum pemilihan, tetapi dia menegaskan dia tidak tahu hal tersebut saat itu.

“Kemudian saya mengetahuinya,” kata Trump kepada Fox News Channel.
Dalam video itu presiden menegaskan tidak ada dana kampanye yang digunakan untuk pembayaran kepada dua perempuan yang mengklaim mereka punya hubungan dengan Trump.

Cohen memberitahu hakim federal pada Selasa (21/8) di New York, dia melakukan pembayaran kepada kedua perempuan itu dengan “maksud utama adalah mempengaruhi pemilihan” Trump. Menurut Cohen, kandidat presiden itu memerintahkan dirinya untuk melakukan hal itu.

Dokumen hukum yang dirilis membeberkan perusahaan real estat Trump memberi otorisasi untuk membayar dana senilai $420 ribu kepada Cohen dan tujuannya adalah membungkam para perempuan yang mengklaim mereka punya hubungan dengan kandidat partai Republik itu.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders, menanggapi banyak pertanyaan dari reporter pada jumpa pers Rabu (22/8) siang, berulang kali mengatakan presiden tidak melakukan kesalahan apa-apa.

Sanders berkilah, klaim bahwa presiden sebelumnya berbohong tentang keterlibatannya adalah “tuduhan yang bodoh.”

Pengacara Michael Cohen, Lanny Davis, dalam serangkaian wawancara di media pada Rabu, mengatakan kliennya bersedia bekerja sama dengan penyelidik khusus, dan bisa menunjukkan bahwa Trump terlibat dalam pelanggaran-pelanggaran lain.[jm]

XS
SM
MD
LG