Tautan-tautan Akses

Trump, Putin Sepakat Dukung PBB dalam Proses Perdamaian Suriah


Presiden Donald Trump, kanan, dan Presiden Rusia Vladimir Putin berbincang dalam sesi foto di KTT APEC di Danang, 11 November 2017. (Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Presiden Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (21/11) sepakat mendukung upaya PBB untuk menyelesaikan secara damai perang saudara yang sudah berlangsung selama hampir tujuh tahun di Suriah.

Gedung Putih mengatakan kedua pemimpin berbicara selama lebih dari satu jam dan menekankan pentingnya mengakhiri krisis kemanusiaan yang telah membuat jutaan warga Suriah mengungsi. Trump dan Putin mengatakan harus dipastikan bahwa para pengungsi dapat pulang dan diciptakan Suriah yang bersatu dan bebas dari intervensi dan teroris.

Trump berbicara melalui telpon dengan Putin sehari setelah pemimpin Rusia itu berdiskusi dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad mengenai penyelesaian politik atas perang saudara yang telah menewaskan 400.000 itu.

Gedung Putih mengatakan Trump dan Putin menegaskan pentingnya memerangi terorisme bersama-sama di seluruh Timur Tengah dan Asia Tengah, dan sepakat mencari cara untuk bekerja sama lebih jauh dalam memerangi ISIS, al-Qaeda, Taliban, dan organisasi teroris lain.

Selain itu, mereka membahas cara-cara menciptakan perdamaian lestari di Ukraina, dimana kaum separatis pro-Rusia memerangi pemerintah Kyiv, dan cara mempertahankan tekanan internasional terhadap Korea Utara agar mengakhiri program misil dan senjata nuklir. [ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG