Tautan-tautan Akses

AS

Trump Puji Pinjaman Usaha Kecil dalam Paket Bantuan 


Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin didampinfi Badan Usaha Kecil (Small Business Administration/SBA) Jovita Carranza memaparkan bantuan ekonomi dalam konferensi harian penanganan virus corona di Gedung Putih, 2 April 2020.

Presiden Donald Trump dengan bantuan Menteri Keuangan Steven Mnuchin memuji peluncuran pinjaman untu usaha kecil menengah (UKM) yang termasuk dalam paket bantuan.

Program pinjaman “Perlindungan Gaji” itu akan dipergunakan untuk mempertahankan atau merekrut sejumlah pekerja.

Mulai Jumat (4/3), Badan Pengembangan UKM menjamin $349 miliar bagi sejumlah pinjaman yang memenuhi persyaratan dapat ditangguhkan sementara atau diputihkan.

Bisnis yang mempekerjakan hingga 500 karyawan, termasuk pemilik yang bekerja sendiri dan karyawan lepas, dapat meminjam hingga $10 juta yang dapat dibayar kembali selama dua tahun dengan bunga tahunan sebesar 0,5 persen.

Dana yang digunakan untuk membayar gaji karyawan dapat ditangguhkan atau diputihkan, dan sebagian biaya sewa, bunga hipotek, dan/atau utilitas sebagiannya dapat dihapuskan. Pembayaran dapat ditangguhkan selama enam bulan.

Secara teknis pelaku UKM bisa mendapatkan seluruh pinjaman yang dimaafkan.

Namun, jika terjadi pengurangan pekerjaan, misalnya usaha yang memiliki 10 karyawan, merumahkan pegawainya dan mempekerjakan kembali hanya lima orang, jumlah pinjaman yang diampuni akan berkurang, dan pebisnis harus membayar sebagian.

Namun pemerintah memperingatkan dengan begitu banyak pemilik usaha berharap untuk mengambil keuntungan dari pinjaman itu, diperkirakan tidak lebih dari 25 persen dari jumlah yang ditangguhkan untuk pengeluaran selain pembayaran gaji, sewa, bunga hipotek, dan biaya listrik, air dan gas. [mg/pp]

XS
SM
MD
LG