Tautan-tautan Akses

Trump, Presiden Yang Tidak Punya Binatang Piaraan


Patung anjing peliharaan presiden Barney and Miss Beazley terlihat saat tur di George W. Bush Presidential Center, pada 24 April 2013 di Dallas. Presiden Donald Trump adalah presiden pertama sejak Andrew Johnson (1865-1869) yang tidak memiliki hewan peliharaan apapun. (Foto:dok)

Ada satu hal yang masih kurang di Gedung Putih selain berbagai intrik internal yang kontroversial dan pergantian personil penting yang terjadi belakangan ini.

Menurut pejabat Museum Binatang Peliharaan Presiden, Trump adalah presiden pertama sejak Andrew Johnson (tahun 1865 sampai 1869), yang tidak punya hewan peliharaan apapun.

Kata pejabat Museum Binatang Peliharaan itu, Presiden Johnson sering menaburkan tepung gandum di lantai Gedung Putih untuk makanan tikus. Tapi, tambah pejabat itu, apakah tikus bisa dianggap sebagai binatang peliharaan?.

Pendahulu Trump, Barack Obama punya dua ekor anjing Portugis bernama Bo dan Sunny. Sebelum Obama, Presiden George W. Bush punya beberapa anjing peliharaan, seekor kucing dan seekor sapi di tanah peternakannya di Crawford, Texas.

Presiden John F. Kennedy, menurut pejabat museum tadi, agaknya punya hewan peliharaan paling banyak. Presiden yang terbunuh tahun 1963 itu punya 22 hewan peliharaan, termasuk beberapa ekor anjing, burung, kelinci dan seekor kuda kecil. Salah satu anjingnya bernama Pushinka, hadiah dari Perdana Menteri Uni Soviet Nikita Khrushchev.

Harian New York Post melaporkan bahwa Presiden Trump hampir saja mendapat hadiah anjing dari seorang kawannya yang tinggal di Florida. Anjing itu diberi nama “Patton”, nama seorang jenderal Amerika yang terkenal dalam Perang Dunia II.

Menurut kawan Trump itu, Lois Pope, 83 tahun, Trump mengatakan padanya “Lois, saya tidak bisa menerima anjing itu. Apa yang akan saya lakukan dengannya; saya sibuk di sini (Florida), di New York dan di Washington.” (ii)

XS
SM
MD
LG