Tautan-tautan Akses

AS

Trump Perpanjang Panduan Pembatasan Sosial Hingga Akhir April


Presiden Donald Trump dalam konferensi pers bersama Gugus Tugas Virus Corona di Gedung Putih, Washington, 29 Maret 2020. (Foto: AFP)

Presiden AS Donald Trump telah memperpanjang masa pembatasan sosial dan panduan terkait virus corona lainnya hingga 30 April. Dia mengatakan berbagai upaya yang telah dilakukan sejauh ini telah menyelamatkan nyawa.

“Lebih baik yang dilakukan, lebih cepat mimpi buruk ini akan berakhir," kata Trump Minggu (29/3) dalam sebuah konferensi pers harian di Taman Mawar Gedung Putih.

“Saya ingin kehidupan kita pulih lagi," katanya.

Upaya mitigasi awal yang dianjurkan pemerintah selama dua minggu, akan berakhir Senin (30/3).

Trump memprediksi tingkat kematian di AS akan memuncak dalam dua minggu dan mengatakan negaranya akan "menuju pemulihan" pada 1 Juni.

Trump sebelumnya mengatakan ingin negaranya kembali beraktivitas pada hari Paskah, 12 April, mengatakan dia tidak ingin penyembuhan krisis ekonomi lebih parah dari penyakitnya.

Dia mengurungkan niat itu Minggu (29/3), kini menyebut tenggat Paskah sebagai "aspirasi."

Trump mengatakan dia akan merincikan lebih lanjut mengenai perpanjangan panduan itu pada Selasa (31/3) dan juga berjanji "hal-hal menarik" akan diumumkan dalam beberapa pekan ke depan. Dia mengatakan orang-orang akan "kagum."

Pakar penyakit menular Dr. Anthony Fauci mengatakan keputusan untuk memperpanjang panduan pembatasan sosial itu "bijaksana."

Dia mengatakan yang telah dilakukan sejauh ini telah berdampak, meskipun dia tetap memperkirakan akan ada lebih dari 100 ribu kematian akibat virus corona di AS. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG