Tautan-tautan Akses

Trump : Nato Tidak Ketinggalan Zaman Lagi


Presiden AS Donald Trump berjabat tangan dengan Sekjen NATO Jens Stoltenberg saat pers conference di Gedung Putih, April 12, 2017, di Washington DC.

Presiden Amerika Donald Trump hari Rabu menyatakan NATO “tidak ketinggalan jaman lagi” tiga bulan setelah mengatakan aliansi itu sudah tidak berguna lagi karena tidak melawan serangan-serangan teroris.

“Sekjen NATO dan saya telah melakukan diskusi yang produktif mengenai apa lagi yang bisa dilakukan NATO dalam perang melawan terorisme” kata Trump dalam konferensi pers bersama Sekjen NATO, Jens Stoltenberg. “Saya dulu mengeluhkan hal itu dan mereka melakukan perubahan, sekarang mereka memerangi terorisme. Saya waktu itu mengatakan ketinggalan zaman. NATO sudah tidak lagi ketinggalan zaman”.

Trump juga menegaskan keluhan yang disampaikan sewaktu Kanselir Jerman Angela Merkel berkunjung ke Amerika baru-baru ini mengenai negara-negara NATO lainnya yang tidak membayar kewajiban mereka untuk pertahanan.

Presiden Trump yang berdiri di ruang East Room didampingi Stoltenberg mengatakan anggota-anggota NATO harus “memenuhi kewajiban finansial anggaran pertahanan. Banyak yang belum melakukannya”.

Semua negara NATO telah setuju untuk menganggarkan 2 % dari produk domestik bruto untuk anggaran pertahanan mereka sendiri menjelang 2024 tapi hanya sedikit negara anggota saat ini yang memenuhi sasaran itu.

Amerika menganggarkan sekitar 3 % dari GDP untuk pertahanan sementara Jerman menganggarkan sekitar 1,2 %. [my/al]

XS
SM
MD
LG