Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Menlu Pompeo akan Saksikan Penandatanganan Perjanjian dengan Taliban


Menlu AS Mike Pompeo (kiri), bersama Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, memberikan konferensi pers bersama di Kabul (foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump hari Jumat (28/2) mengumumkan bahwa diplomat tinggi Amerika akan menghadiri penandatanganan perjanjian perdamaian dengan Taliban.

“Dengan perintah saya, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo segera akan menyaksikan penandatanganan sebuah perjanjian dengan wakil-wakil Taliban,” ujar Trump dalam sebuah pernyataan.

Perjanjian Amerika-Taliban itu ditujukan untuk mengurangi jumlah pasukan Amerika di Afghanistan dari 13.000 personil menjadi 8.600 personil.

Trump tidak mengatakan di mana perjanjian itu akan ditandatangani, tetapi sebelumnya dilaporkan bahwa penandatanganan itu akan dilakukan di Doha, Qatar, Sabtu ini (29/2).

Menurut pernyataan Trump itu, Menteri Pertahanan Mark Esper juga mengeluarkan pernyataan bersama dengan pemerintah Afghanistan.

Trump menyerukan kepada Taliban dan pemerintah Afghanistan untuk “mengambil kesempatan untuk mencapai perdamaian ini” dan jika mereka memenuhi komitmen itu maka “kita akan memiliki jalur yang kuat untuk menyudahi perang di Afghanistan dan memulangkan pasukan kita.”

Perang di Afghanistan, yang dimulai hampir 19 tahun lalu, telah menelan biaya hampir satu triliun dolar dan menewaskan sekitar 2.400 personil militer. [em/pp]

XS
SM
MD
LG