Tautan-tautan Akses

AS

Trump Memveto Resolusi Mengenai Pembatasan Tindakan Terhadap Iran


Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Gedung Putih, Washington, D.C., 22 April 2020. (Foto: dok).

Presiden AS Donald Trump telah memveto resolusi Kongres yang menyerukan agar ia menghentikan penggunaan pasukan AS terhadap Iran kecuali jika diizinkan oleh Kongres.

Dalam pesan yang menjelaskan vetonya itu, Trump menyebut resolusi itu “sangat menghina” dan mengatakan hal tersebut akan sangat “merusak kemampuan presiden dalam melindungi AS, sekutu-sekutu dan mitra-mitranya.”

Para legislator, yang mendukung resolusi itu pada masa meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran, mengemukakan keinginan mereka untuk memastikan kewenangan menyatakan perang tetap berada hanya di tangan Kongres.

Trump Januari lalu memerintahkan serangan udara AS yang menewaskan Jenderal Iran Qassem Soleimani. Beberapa hari kemudian, Iran membalas dengan serangan misil balistik terhadap pasukan AS di Irak yang membuat lebih dari 100 tentara AS didiagnosis mengalami cedera otak traumatis.

Komando Sentral AS awal pekan ini menyatakan telah menganugerahkan medali Purple Heart kepada 29 tentara. Medali ini diberikan kepada tentara yang tewas atau cedera saat bertugas. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG