Tautan-tautan Akses

Trump Lakukan Percakapan Kedua Dengan Putin Saat di Jerman


FILE - Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT G-20, 7 Juli 2017, di Hamburg.

Presiden Donald Trump mengadakan percakapan lain yang sebelumnya tidak diungkapkan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di sebuah konferensi tingkat tinggi di Jerman.

Juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer dan juru bicara Dewan Keamanan Nasional, Michael Anton mengukuhkan, Trump dan Putin berbicara secara pribadi ketika makan malam untuk para pemimpin dunia pada pertemuan puncak Kelompok 20 di Hamburg, Jerman.

Percakapan tersebut terjadi beberapa jam setelah pertemuan resmi pertama mereka tanggal 7 Juli, yang semula dijadwalkan berlangsung setengah jam, namun berlanjut sampai lebih dari dua jam.

Trump dan Putin juga direkam video sambil berjabat tangan dan bertukar beberapa kata setelah mereka tiba di KTT G-20 negara-negara industri maju dan berkembang.

Anton tidak menyebutkan lamanya pertemuan. Tetapi dia mengatakan, percakapan antara keduanya bersifat santai dan tidak dapat disebut sebagai “ pertemuan'' atau bahkan yang kurang formal, namun resmi percakapan di sela-sela KTT.

Beberapa pemimpin membawa penerjemah mereka, namun tidak ada delegasi lain yang menghadiri makan malam itu, katanya.

Hubungan Trump dan Putin telah mendapat sorotan sejak kampanye pemilihan presiden di Amerika, ketika Trump berulang kali memuji orang Rusia sebagai pemimpin yang kuat dan secara terbuka mendorongnya untuk meretas email Hillary Clinton pada waktu itu. Asisten Trump mengatakan Trump hanya bercanda. [ps/al]

XS
SM
MD
LG