Tautan-tautan Akses

Trump Kunjungi Pasukan AS di Irak


Presiden AS Donald Trump, dan ibu negara Melania Trump, berbicara di depan pasukan AS pangkalan udara Al Asad di Irak, Rabu (26/12).
Presiden AS Donald Trump, dan ibu negara Melania Trump, berbicara di depan pasukan AS pangkalan udara Al Asad di Irak, Rabu (26/12).

Presiden Donald Trump mengadakan kunjungan yang tidak diumumkan sebelumnya ke Irak untuk bertemu dengan tentara Amerika yang ditempatkan di sana. Ini adalah kunjungan Trump yang pertama ke kawasan konflik.

Juru bicara gedung putih Sarah sanders mengatakan Presiden Trump dan ibu negara Melania terbang ke Irak untuk menyampaikan kepada tentara Amerika rasa terima kasih atas “pelayanan, sukses dan pengorbanan mereka dan sekaligus menyampaikan selamat hari Natal.”

Kunjungan Trump ke Irak terjadi satu hari setelah ia mengadakan telekonferensi lewat video dengan para anggota militer Amerika yang ditempatkan di banyak bagian dunia, dari kantornya di Gedung Putih.

Hubungan video itu dikecam oleh sebagian media yang mengatakan bahwa Trump adalah presiden Amerika pertama sejak tahun 2002 yang tidak mengunjungi pasukan Amerika di luar negeri sekitar hari Natal.

Minggu lalu, Trump mengumumkan rencana kontroversial untuk menarik semua pasukan Amerika dari Suriah. Ia juga dilaporkan telah memerintahkan Pentagon untuk menarik kira-kira separuh dari 14.000 tentara Amerika yang ditempatkan di Afghanistan mulai bulan depan.

Para penasihat senior dan pejabat tinggi militer Amerika memperingatkan, penarikan pasukan Amerika itu hanya akan mengakibatkan kekacauan lebih lanjut di kawasan itu. (ii)

XS
SM
MD
LG