Tautan-tautan Akses

AS

Trump kepada Republik: Dukung Kandidat yang 'Sejalan'


Mantan Presiden Donald Trump saat berbicara di Konvensi Partai Republik Carolina Utara, 5 Juni 2021, di Greenville. (Foto: AP)

Mantan Presiden AS Donald Trump pada Sabtu (5/6) mendesak para pendukung Partai Republik untuk memilih para kandidat yang sejalan dengannya dalam pemilihan sela tahun depan.

Trump berjanji akan aktif berkampanye untuk mendukung sekutu-sekutunya dalam perebutan Kongres tahun depan.

"Kelangsungan hidup Amerika bergantung pada kemampuan kita untuk memilih tokoh Republik dalam setiap tingkatan, mulai dari pemilihan sela tahun depan," kata Trump.

Trump menyampaikan komentar terbarunya itu dalam sebuah pidato kepada ratusan pejabat dan aktivis Republik yang berkumpul dalam konvensi Partai Republik di North Carolina.

Juru bicara Komite Nasional Demokrat, Ammar Moussa, mengkritisi Trump dalam pernyataan yang dirilis sebelum Trump berpidato.

"Lebih dari 400.000 warga Amerika tewas, jutaan pekerjaan hilang, dan retorika yang berbahaya rupanya tidak cukup bagi para pendukung Republik untuk putus hubungan dengan presiden pecundang yang membuat mereka kalah di Gedung Putih, Senat dan DPR," kata Moussa.

Mantan presiden Republik yang diblokir dari beberapa media sosial itu berharap memanfaatkan perhelatan semacam itu untuk menaikkan popularitasnya sebelum kemungkinan mencalonkan diri lagi sebagai presiden. Dalam kesempatan itu, Trump mengumumkan dukungannya kepada loyalis Ted Budd dalam pemilihan pendahuluan partai Republik. [vm/ah]

Lihat komentar (5)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG