Tautan-tautan Akses

Trump kepada Kim: Mari Berjabat Tangan Di Zona Demiliterisasi


Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat bertemu di Hotel Sofitel Legend Metropole, Hanoi, 28 Februari 2019.

Presiden AS Donald Trump mengatakan dia bersedia bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di zona demiliterisasi yang memisahkan kedua negara Korea itu, “sekedar untuk berjabat tangan dan saling menyapa.”

Trump menawarkan hal itu dalam sebuah cuitan beberapa jam sebelum mendarat di Korea Selatan, Sabtu (29/6).

“Ketika berada di sana, kalau pemimpin Kim dari Korea Utara melihat ini, saya bersedia bertemu dia di Perbatasan/Zona Demiliterisasi untuk berjabat tangan dan saling menyapa!” kata Trump.

Berbicara kepada reporter di KTT G20 di Jepang, Trump mengatakan, dia memutuskan pada Sabtu pagi untuk “menguji suasana” dan bertemu dengan Kim. Ditambahkannya, pertemuan seperti itu hanya berlangsung dua menit.

“Kami akan berjumpa untuk dua menit,” kata Trump. “Itu yang bisa kami lakukan, tetapi itu OK.”

Trump kemudian mengatakan, dia merasa “sangat nyaman” kalau melangkah melintasi perbatasan ke dalam wilayah Korea Utara. Seandainya itu terjadi, itu pertama kalinya seorang presiden Amerika mengunjungi Korea Utara.

Kim belum menanggapi tawaran Trump itu. Tetapi Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara, Choe Son Hui, menyebut undangan itu sebuah usul yang menarik.

“Kami melihatnya sebagai usulan menarik, tetapi kami tidak menerima proposal resmi sehubungan hal ini,” kata Choe dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita Korea Utara yang resmi.

“Hal itu bisa berperan sebagai kejadian bermakna lainnya dalam memperdalam hubungan pribadi di antara ke dua pemimpin itu dan memajukan hubungan bilateral,” demikian tambah Choe. [jm/pp]

XS
SM
MD
LG